01 Agu

Berikut artikel Cara Mengatur Gudang di Perusahaan. Gudang adalah merupakan sarana untuk alat kontrol baik produksi, pengiriman maupun menentukan jumlah yang akan disimpan. Dari sinilah kita juga bisa menentukan beberapa kebijakan baik operasional, produksi dan perencanaan. Oleh sebab itu diperlukan cara mengatur gudang yang bagus. Berikut kami sampaikan 5 cara penting dalam mengelola gudang.

 

Cara Mengatur Gudang di Perusahaan

Cara Mengatur Gudang di Perusahaan | photo by unsplash.com

Buat data Seakurat mungkin

Data merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah berapa yangakan disimpan. Produk berapa yang akan diproduksi dan dikirim.

 

Buat Forcast Persediaan

Proses perkiraan atau forcast ini bida diambil dari data perkiraan penjualan dan cadangan produksi. Dengan mengetahui jumlah yang akan dipasarkan maka n=bisa diketahuai stok yang akan diproduksi. Informasi berupa jumlah yang akan diproduksi bermanfaatjuga untuk menyiapkan data luas are dan tempat untuk penyimpanan produk yang dalam bahan mentah maupun yang sudah jadi.

 

Buat Scadul persediaan

Jadwal persediaan dapat diperoleh dari bagian PPIC, sebab bagian iini mempunyai data informasi mengenai jumlah yang massuk dan yang akan keluar. Jadwal persediaan ini juga digunakan untuk acuan pengadaan bahan baku serta stok aman di pihak suplier.

 

Budgeting Persediaan

Penganggaran persediaan meliputi besarnya biaya yang akan di suplai perusahaan lain ke perusahaan kita. Bbudget produksi pun akan berpengaruh dengan biaya yang akan dikeluarkan. Terakhir adalah budget pemeliharaan dan mantanance produk yang disimpan di gudang.

 

Pengawasan

Pengawasan yangdimaksud adalah pengawasan dalam operasional Misal pengajuan produksi sampai produk tersebut sampai di konsumen. Pengawasan yang kedua terfokus pada pengawasan kualitas fisik barang yang akan menentukan sifat dan kualitas perusahaan.

 

Demikian hal yang bisa kita sampaikan untuk pembahasan stok gudang ini. Tentusaya banyak informasi yang sudah lewat. Untuk hal tersebut mongggo bisa saling melengkapi.

Terimakasih

Kang Wuri

  • 2
    Shares
> Baca juga artikel   Pengertian Manajemen di Perusahaan dan Fungsi Manajemen

Tinggalkan komentar