Jualan di online atau di Marketplace online kini semakin bertumbuh di Indonesia seiring dengan tren belanja online yang digemari masyarakat. Beberapa contoh marketplace yang ada, misalnya Lazada, Tokopedia,blibli dan Rakuten dll
Bagi pelaku usaha, adanya marketplace menjadi kesempatan besar untuk membidik pembeli yang lebih luas. Karena di media online kita tidak dibatasi wilayah. Tentu saja butuh cara supaya jualan kita laris di markeplace. Berikut saya sampaikan 7 Hal yang bisa membantu jualan di marketplace:
1. Perhatikan disain tampilandan foto
Foto produk menjadi nyawa dari penjual online. Lebih baik menggunakan hasil foto sendiri daripada foto dari google karena akan lebih meyakinkan pembeli. Unggah foto-foto produk dengan sudut pengambilan yang benar, pencahayaan yang baik. Satu produk bisa sampai lima foto. Jika satu produk ada beberapa warna, masukkan foto semua jenis warna karena pembeli butuh yang spesifik.
2. Nama produk harus tepa
Pembeli akan mencari produk di search engine, maka buat penamaan produk sesuai mekanisme SEO. Usahakan agar nama produk tidak terlalu general tetapi tidak terlalu spesifik. Misalnya kemeja kota/tartan, katun merah. Jangan masukkan kode produk dengan sistem angka seperti halnya di katalog
3. Deskripsi jelas
Di marketplace, ada banyak produk yang sama dengan harga yang bersaing. Deskripsi yang baik akan menjadi pembeda yang efektif dan mencegah misskomunikasi dengan pembeli. Deskripsikan minimal dua paragraf pendek, pertama memuat pemakaian produk, kedua memuat spesifikasi produk
4. Asuransi dan Retur
Fasilitas ini opsional, tetapi jika produk yang dijual rentan, sebaiknya berikan asuransi pengiriman dengan berkonsultasi kepada pihak ekspedisi. Jelaskan juga kepada konsumen apakah toko Anda menyediakan fasilitas retur / tidak, sehingga ketika ada kerusakan Anda tidak dikomplain
5. Harga
Pembeli biasanya mencari produk dengan list harga termahal atau termurah. Dalam menentukan harga jual, Anda bisa mengikuti harga pasar atau pakai harga sendiri untuk mendapatkan pelanggan
6. Manfaatkan brand dan musim
Sebagian marketplace menyedian fasilitas berupa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual untuk promosi. Misalnya, pada fitur hotlist di tokopedia, ada produk-produk unggulan yang sedang musim dan dicari orang yang berubah setiap harinya. Sesuaikan produk dengan daftar hotlist sehingga toko Anda lebih sering dilihat.
7. Beri sentuhan personal
Kreatifitas penjual bisa menambah kepercayaan konsumen untuk mau datang kembeli. Ada penjual yang memberi kertas ucapan terimakasih di tiap produk yang dijualnya sehingga konsumen bisa tersentuh. Ada juga penjual yang menambahkan produk sale di tokonya.
Demikian tips sederhana yang bisa saya sarikan dari berbagai sumber. Selamat mencoba, menikmati dan mempraktekkan info diatas.
Salam, Kang Wuri
Tinggalkan komentar