MACAM MACAM KEGIATAN KEUANGAN PERUSAHAAN
05 Agu

Kegiatan keuangan memerlukan pengelompokan atau klasifikasi dengan tujuan memudahkan untuk kegiatan akuntansinya. Sebab jika tidak dilakukan klasifikasi maka akan mempengaruhi waktu dalam proses akuntansi.

Kegiatan Keuangan digunakan untuk memudahkan kegiatan akutansi

Maka kegiatan yang dilakukan perusahaan hendaknya sudah merupakan kesepakatan bersama antar semua departemen atau divisi dalam masing masing perusahaan.

MACAM MACAM KEGIATAN KEUANGAN PERUSAHAAN

MACAM MACAM KEGIATAN KEUANGAN PERUSAHAAN | photo by Pixabay

Dalam bab ini kami akan mencoba membagi kegiatan keuangan ini menjadi 3 bagian penting dalam operasional perusahaan. Berikut adalah aktivitas kegiatan keuangan dalam perusahaan :

Aktivitas perolehan dana

Aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan. Perlu jadi catatan bahwa dalam praktek dilapangan ternyata sumber dana ini tidak sesederhana yang kita bayangkan. Namun dalam pencatatan perlu ketelitian dalam menganalisa sumber dana. Kenapa demikian karena dalam perolehan sumber dana ini ada yang berasal dari dana intern. Dana intern adalah dana yang bersumber dari dalam perusahaan bisa bentuknya perubahan modal, penyertaan modal maupun penahanan laba deviden. Ininya adalah dana yang tidak terkait instansi luar. Sedangkan dana extern adalah dana yang berasal dari lembaga atau sejenisnya yang sudah diketahui sumbernya dan berasal dari luar perusahaan.

 

Aktivitas penggunaan dana

Aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.Kegiatan keuangan ini dititik beratkan pada ketepatan untuk membagikan sejumlah dana untuk diinvestasikan dalam kegiatan aktiva perusahaan. Dalam penggunaan ini management keuangn berperan sangat penting mengingat jika salah dalam mempostingkan keuangan maka akan berdampak pada pemerataan dana.

> Baca juga artikel   5 Cara Mengatur Gudang di Perusahaan

 

Aktivitas pengelolaan aktiva

Setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk ini aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin. Kata kunci dalam pengeloalaan dana adalah seefisien mungkin. Hal ini dimaksudkan supaya dalam pengeloan dana dapat menghasilkan profit yang maximal.Kata kunci yang kedua adalah tertib administrasi. Karena ini sifatnya pengelolaan dengan banyaknya transaksi maka point yang terpenting adalah tepat administrasi dalam hal pencatatan.

 

Ketiga aktivitas tersebut bisa berjalan lancar dan maksimal hasilnya jika dilandasi dengan disiplin. Dengan adanya mental disiplin maka kegiatan keuangan ini bisa menghasilkan data dan informasi keuangan yang baik. Kepada para pengusaha jika ingin mempunyai alat pendamping keputusan keuangan maka lakukakanlah secara benar dan disiplin tiga aktivitas ini.

 

Salam , Kang Wuri

Tinggalkan komentar