Tips Membuat Karyawan Betah
05 Agu

Berikut Tips cara cara agar karyawan senang untuk bekerja. Karyawan adalah aset terbesar dalam usaha kita, jika kita tidak mempunyai karyawan dengan kemampuan yang baik dan sesuai dengan bidang usaha kita maka sudah pasti kacau jugalah usaha kita.

Target itu pasti, tetapi membuat karyawan menjadi happy itu kewajiban anda!

Namun ternyata menjaga karyawan agar tetap betah dan terus bekerja di tempat usaha kita juga merupakan dilema yang juga susah bagi kita. Namun karena hal tersebut dalah merupakan sesuatu yang vital maka seharusnya pengusaha memprioritaskan hal ini dalam target capaian perusahaan.

Tips Membuat Karyawan Betah

Tips Membuat Karyawan Betah | photo by rawpixel.com

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dan mungkin penyebab kurang betahnya suatu karyawan diantaranya:

Gaji yang kurang memadai untuk kebutuhan hidupnya

Kebanyakan faktor inilah yang menjadi penyebab utama semangat dan produktivitas kerja. Terdengar agak aneh sih, tapi inilah yang terjadi dilapangan. Sering juga penyebab miscomunikasi terjadi karena faktor gaji juga.

 

Pekerjaan yang ia geluti tidak sesuai bidangnya atau profesinya

Penyesuaian kerja memang idealnya berdasarkan pada profesi serta disiplin ilmu yang digeluti. Jika tidak sesuai maka akan tombul gejolak dalam fikiran karyawan karena butuh penyesuaian lagi dan butuh belajar lagi. Bagi mereka yang tidak sabar maka akan menyebabkan karyawan memutuskan untuk keluar kerja

 

Tidak suka dengan manajemen tempat kerja atau ada masalah dengan pimpinan atau teman kerja.

Suasana kerja merupakan dominasi faktor karyawan tidak betah bekerja. Dengan suasana kerja yang tidak kondusif maka akan berdampak pula pada produktivitas =dan kinerja karyawan

> Baca juga artikel   7 Macam Perhitungan Hak Cuti Karyawan yang perlu anda ketahui

 

Tidak menjamin masa depannya

Kepastian dan proyeksi masa depan aadalah hal yang paling diperhitungkan karyawan, sebab mereka punya beban demi keberlangsungan masa depan mereka.

 

Ada lowongan kerja lain yang lebih besar gajinya dan menjamin masa depannya

Godaan, iya tepatnya seperti itu. Tapi ini jga bukan kesalahan karyawan sebab hal ini juga mungkin didasarkan pada kebutuhan dan suasana tempat kerja sekarang.

 

Gengsi pekerjaan

Mungkin ini terkait dengan strata jenis pekerjaan dalam lingkungan. Terjadi kesenjangan jenis pekerjaan.

 

Semua faktor diatas adalah salah satu yang menyebabkan mengapa karyawan kurang betah atau berhenti dari pekerjaannya. Namun sebenarnya point 1 yaitu gaji karyawan sangat memegang peranan penting dalam menyokong point2 lainnya kecuali point 5 dan 6. Bila gaji yang ia dapatkan besar, maka sudah pasti ia merasa terjamin kehidupannya sehingga point2 lainnya tidak menjadi masalah baginya.

Cara Mengelola Karyawan

Karyawan jika kita posisiskan sebagai aset maka kita akan berupaya semaximal mungkin untuk bisa mengelola mereka dengan baik. Maju mundurnya perusahaan sangat ditentukan juga dari karyawan.

Berikut beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda coba dalam mengelola dan menggaji karyawan :

  1. Carilah karyawan yang sesuai dengan bidang kerja yang anda jalankan, bila anda sembarang dalam mempekerjakan karyawan maka sudah pasti anda bakalan repot karena harus mengajarinya lagi atau justru ia kurang mood dalam bekerja
  2. Rancanglah sistem kepangkatan dan gaji, sehingga karyawan memiliki jenjang karir yang menjamin masa depan kerjanya
  3. Pelatihan, adakan pelatihan ataupun kegiatan yang menambah wawasan bagi karyawan dan utamakan yang bersifat menjaga loyalitasnya dan keakraban sesama karyawan (misal pelatihan manajemen kepemimpinan, manajemen kelompok, dan penambahan wawasan lainnya)
  4. Tunjangan, berikan tunjangan selain gaji misalnya tunjangan makan dan keluarga
  5. Rewards, penghargaan sangat penting untuk memacu dan menjaga kinerja karyawan.. misal bila target tercapai maka karyawan mendapatkan bonus 1x gaji atau lebih dari itu, biasanya kalau kurang dari gaji pokok efeknya agak kurang. .
  6. Masa aktif, hal ini dimaksudkan agar terjadi regenerasi pegawai dan menjaga kestabilan kinerja.. sehingga yang sudah tua harus pensiun dan diganti yang muda.
  7. Manajemen organisasi yang baik, misal harus ada bidang2 atau seksi dalam pekerjaan tertentu.
  8. Perlindungan, keselamatan kerja sangat mempengaruhi kinerja karyawan akan lebih baik lagi bila bekerjasama dengan perusahaan asuransi atau jamsostek
  9. Menjaga silaturahmi antar karyawan termasuk pada keluarganya, jadikan karyawan benar2 merasa juga memiliki tempat kerjanya sehingga akan muncul kesetiaan pada tempat kerjanya.
> Baca juga artikel   Membuat Prosedur Seleksi Penerimaan Karyawan di Perusahaan

Demikian artikel ini kami susun dari berbagai sumber untuk kepentingan dan kemajuan perusahaan anda. Semoga bisa bermanfaat dan bisa untuk menjadikan arah kebijakan dan semangat dalam membina karyawan kita.

 

Salam, Kang Wuri

Tinggalkan komentar