Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
05 Agu

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang dimana sumber daya manusianya dapat terkelola dengan baik dengan indikasi komunikasi dan suasana serta hubungan perusahaan dan karyawan berjalan harmonis. Maka diperlukanlah managemen sumber daya manusia sebagai divisi atau departemen yang khusus mengelola sumber daya manusiannya. Dalam bab ini akan kita bahas arti dasar fungsi serta sasaran SDM.

Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) | photo by Samuel Zeller

Secara sederhana dapat dipahami bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia atau Manajemen SDM adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat.

Manajemen SDM untuk mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja

Dari definisi diatas sudah jelas bukan? Bahwa Manajemen SDM khusus digunakan untuk mengatur manusia, baik dalam organisasi maupun perusahaan. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena dalam organisasi/perusahaan manusia/orang-orang yang ada didalamnya menjadi penggerak roda utama. Jika manusianya tidak dapat bekerja sama / diatur dengan maksimal maka tidak mungkin iklim perusahaan menjadi kondusif. Maka bisa dikatakan bahwa sumber daya manusia inilah yang menjadi tolak ukur serta parameter perusahaan dalam menilai operasional kerja perusahaan.

Konsep dasar managemen ini adalah perusahaan mampu menempatkan karyawan sebagai manusia yang sebenarnya bukan alat produksi. Sehingga karyawan adalah aset dan tidak kalah pentingnya dengan alat alat produksi. Artinya, karyawan bukan hanya sebagai mesin pendukung saja atau bukan transaksi dalam batasan sempit. MSDM menggunakan beberapa disiplin ilmu antara lain sosiologi, psikologi, dll. Karena saking kompleknya masalah ini maka penting untuk jadi prioritas dalam pemenuhan kebutuhan.

 

Apa definisi dari Manajemen SDM?

Berikut ini pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli yang dapat dijadikan rujukan makalah atau karya tulis ilmiah:

  • Manajemen sumber daya manusia didefinisikan sebagai suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading and controlling, dalam setiap aktifitas atau fungsi operasional sumber daya manusia mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi dan transfer, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, hubungan industrial, hingga pemutusan hubungan kerja, yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari sumberdaya manusia organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien (Sofyandi, 2009:6)
  • Ilmu yang mempelajari bagaimana memberdayakan karyawan dalam perusahaan, membuat pekerjaan, kelompok kerja, mengembangkan para karyawan yang mempunyai kemampuan, mengidentifikasi suatu pendekatan untuk dapat mengembangkan kinerja karyawan dan memberikan imbalan kepada mereka atas usahanya dan bekerja (Bohlarander dan Snell, 2010:4)

Secara sederhana manajemen SDM dapat dipahami sebagai pengelolaan sumber daya manusia dengan mengimplementasikan fungsi manajemen dalam aktivitas operasional demi terwujudnya tujuan organisasi.

 

Apa saja sasaran Manajemen SDM?

Tentu saja Manajemen SDM memiliki sasaran/obyek yang diatur. Berikut beberapa obyek yang menjadi sasaran Manajemen SDM :

  1. Sasaran Perusahaan atau Korporasi

Perusahaan yang tahu akan pentingnya SDM maka para pengusaha akan memprioritaskan bidang ini.

  1. Sasaran Fungsional

Setingkat lebih tinggi dari sasaran yang pertama, sasaran fungsional ini untuk mempertahankan kontribusi dari HRD pada level yang lebih cocok bagi kebutuhan perusahaan seperti pengangkatan pangkat, penempatan serta penilaian pegawai.

  1. Sasaran Sosial

Sasaran sosial ini antara lain hubungan manajamen perusahaan dengan syarikat kerja, pemenuhan jika ada tuntutan hukum, keuntungan perusahaan, CSR, hubungan perusahaan dengan masyarakat sekitar, dll.

  1. Sasaran Pribadi Karyawan

Selain itu, depertemen ini juga bisa membantu para karyawan untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi mereka, apabila memang dirasa karyawan tersebut sudah bekerja dengan baik di perusahaan. Misalkan mempermudah / membantu karyawan yang ingin melakukan kredit rumah/kendaraan.

 

Demikaian pentingnya Manajemen SDM pada perusahaan maka tidak sedikit perusahaan perusahaan yang besar terutama yang sudah go public membagi sahamnya sekian persen untuk porsi karyawan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kinerja dan loyalitas karyawan.

Karena karyawan adalah aset perusahaan bukan alat perusahaan. Bagaimana dengan anda?

 

Disusun oleh kang wuri

> Baca juga artikel   Anekaragam Macam Kegiatan Keuangan di Perusahaan

Tinggalkan komentar