Fungsi dan Kegunaan Akuntansi di Perusahaan
07 Agu

Pengertian dan Definisi Akuntansi

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mempunyai ciri kedisiplinan yang tinggi. Disiplin dari berbagai bidang. Apalagi dalam bidang akuntansi, semua harus disiplin dan tercatat secara rapi dan transparan. Karena pada dasarnya transaksi keuangan adalah informasi kegiatan dan aktivitas perusahaan.

Akuntansi dapat mendisiplinkan keuangan secara mendalam

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Fungsi dan Kegunaan Akuntansi di Perusahaan

Fungsi dan Kegunaan Akuntansi di Perusahaan } photo by Pixabay

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

 

Fungsi Akuntansi

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Jika bisa diperinci, maka fungsi akuntansi adalah sebagai berikut :

1. Penentuan Perhitungan serta Pelaporan Harga Pokok Produk

Fungsi pertama yang paling terlihat dari penggunaan Akuntansi Biaya dalam Perusahaan adalah menentukan perhitungan serta membuat laporan mengenai Harga Pokok Produk atau HPP.Manfaat akuntansi biaya antara lain mencatat, menggolongkan, serta meringkas biaya pembuatan produk dari proses-proses yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Akuntansi Biaya akan memberikan data pasti mengenai harga produksi dan HPP yang wajar untuk sebuah produk bahkan sampai harga per unit yang dihasilkan.

> Baca juga artikel   Istilah-Istilah Lengkap Akuntansi - Bagian 3

 

2. Rincian Harga Pokok Produk dengan Segenap Unsur

Sebuah produk yang dihasilkan sangat tidak mungkin hanya memuat harga yang berasal dari Departemen Produksi saja. Ada bagian dari harga pokok produk tersebut yang merupakan hasil dari produksi Departemen Non Produksi, misalkan seperti Departemen Riset dan Pengembangan, yang bisa kita dapatkan dari manfaat laporan keuangan.

 

3. Informasi Dasar Perencanaan Biaya dan Beban

Sebuah perusahaan pasti diharapkan akan terus beroperasi dalam jangka waktu tak ditentukan, bukan sekadar dalam periode tertentu saja. Maka dari itu akan selalu ada periode produksi baru. Akuntansi Biaya juga melahirkan laporan yang akan digunakan untuk produksi periode selanjutnya. Laporan ini bisa digunakan sebagai informasi dasar dalam merencanakan biaya produksi dan biaya normal yang mungkin dibebankan pada hasil akhir produk.

 

4. Data untuk Penyusunan Anggaran

Hampir sama seperti poin ke-tiga, Akuntansi Biaya juga digunakan untuk menyusun anggaran produksi. Dalam skala besar seperti sebuah perusahaan, penting untuk menyusun anggaran produksi. Gunanya adalah sebagai guideline seberapa banyak biaya yang boleh dikeluarkan untuk membuat produk tertentu. Akuntansi Biaya berperan dalam hal ini untuk melahirkan anggaran produksi yang rasional berkaca dari laporan produksi di masa lampau.

 

5. Informasi Biaya Bagi Manajemen untuk Pengendalian Manajemen

Paling krusial, Akuntansi Biaya digunakan sebagai alat dan metode untuk pengendalian yang dilakukan tingkat manajerial. Penting untuk manajemen mengetahui bagaimana proses produksi yang dilakukan departemen produksi mereka, apakah prosesnya sesuai dengan prosedur dan anggaran atau ada penyimpangan yang terjadi.

> Baca juga artikel   Macam-macam Fungsi Pajak

 

Begitu besarnya pengaruh dalam laporan keuangan. Maka kegunaan akuntansipun sangat besar untuk menyajikan informasi perusahaan dalam bentuk angka. Semoga tulisna yang saya rangkum dari berbagai literatur ini bermanfaat untuk semua.

Salam, Kang Wuri

Tinggalkan komentar