03 Agu

Fungsi dan manfaat Manajemen Keuangan – Ternyata semua pengusaha sudah menyadari akan pentingnya management keuangan dalam diperlukaan keberadaannya dalam perusahaannya.

 

Fungsi dan manfaat serta tujuan Management Keuangan | photo by William Iven

Maka Aspek pada Manajemen Keuangan itu Penting!

Jangan Pernah Menganggap Remeh Perihal Manajemen Keuangan

Sebab banyak sekali fungsi yang bisa di maximalkan dalam management keuangan ini. Beberapa fungsi dari management keuangan ini bisa dilihat pada penjelasan diawah ini :

 

1. Perencanaan Keuangan,

membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu. Manfaat dari perencanaan ini adalah pengusaha sudah mempunyai panduan dalam menjalankan perusahaan.

 

2. Penganggaran Keuangan,

Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan. Manfaat dari kegiatan ini adalah untukmengetahui budget masing masing divisi dalam perusahaan.

 

3. Pengelolaan Keuangan,

Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.Manfaat dari pengeloaan ini adalah pengusaha punya track rekot penggunaan dana yang sudah dijalankan.

 

4. Pencarian Keuangan,

mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan. Pencarian ini merupakan upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan post keuangan yang bisa lebih di ekspos lagi.

 

5. Penyimpanan Keuangan,

mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.Manfaat yang bisa dirasakan adalah berlakunya aktivitas saving dana. Jika tidak dipaksakan saving maka akan berdampak pada kelanjutan usaha.

 

6. Pengendalian Keuangan,

melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan. Proses pengendalian yang dilakukan di tengah proses adalah hal yang sangat positifnyang terus dipertahankan.

 

Banyaknya manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah sebagai guide pengeluaran dalam operasional perusahaan. Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah data dan informasi ini nisa digunakan dalam mengambil keputusan untuk bulan atau tahun berikutnya.

Salam, Kang Wuri

> Baca juga artikel   Cara Mengelola Karyawan Agar Karyawan Senang dan Betah Untuk Bekerja

Tinggalkan komentar