07 Agu

Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas pengertian dan cara membuat proposal usaha. Ternyata begitu pentingnya proposal usaha bagi pengusaha, kenapa demikian? Karena manfaatnya begitu banyak. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan.

Manfaat Proposal Usaha

Manfaat Proposal Usaha | photo by Jan Kahánek

Manfaat proposal usaha yang pertama adalah untuk Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha baru yang sedang direncanakan. Proposal usaha sangat membantu kita dalam berwirausaha. Proposal merupakan suatu rangkuman rencana usaha dan gagasan pemikiran yang bersifat teoritis. Keseluruhan isi proposal usaha mendorong wirausahawan untuk menganalisis keseluruhan aspek usaha dan mempersiapkan alternatif strategi yang efektif untuk menghadapi situasi yang ada.

Sebuah proposal usaha dalam pembuatannya tentu memiliki banyak manfaat yaitu :

  1. Sebuah proposal usaha sangat berguna sebagai perbandingan antara perkiraan atau rencana dengan kenyataan yang sebenarnya nanti setelah mendapatkan kesimpulan.
  2. Proposal usaha dapat membantu seorang wirausahawan dalam pengembangan dan pengujian strategi yang diharapkan dari sudut pandang pihak-pihak lain yang mungkin tidak terpikir oleh seorang wirausahawan.
  3. Proposal usaha juga dapat membantu seorang wirausahawan untuk berpikir secara kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasuki atau digelutinya nanti.
  4. Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara tepat, cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan dalam usaha.
  5. Sebagai transparansi agar lebih jelas sumber-sumber keuangan yang diterima maupun yang akan dikeluarkan.
  6. Proposal usaha ini dapat memberikan gambaran awal tentang sebuah usaha dan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan manajerial menjadi usahawan.
  7. Proposal usaha dapat mengidentifikasi adanya kemungkinan resiko kritis pada saat-saat penting, sehingga akan ada penentuan langkah antisipasi.
  8. Proposal usaha dapat memberikan gambaran informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang kemungkinan besar bisa diraih.
  9. Proposal usaha dapat memberikan informasi sumber-sumber finansial yang lebih jelas dengan dokumen ringkas pada dan berisi informasi penting dan terukur serta evaluasi finansial.
  10. Proposal usaha dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan wirausahawan dalam memenuhi kewajibannya sebagai seorang wirausahawan sekaligus pemimpin.
  11. Berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata.
  12. Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategidan hasil yang diharapkandari sudut pandang pihak lain.

Manfaat lain adanya proposal usaha adalah sebagaimana dalam uraian singkat dibawah ini sebagai penjelasan dan pelengkap dari banyaknya manfaat proposal usaha.

  1. Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh.
  2. Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya.
  3. Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan usaha.
  4. Proposal usaha dapat mengidentifikasi adanya kemungkinan resiko kritis pada saat penting, untuk mempermudah penentuan langkah antisipasi.
  5. Proposal usaha dapat memberikan sumber-sumber finansial yang lebih jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting serta evaluasi finansial.
  6. Proposal usaha dapat memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibanya sebagai wirausahawan sekaligus pemimpin

 

Demikian semoga bisa menambah semangat kita dalam membuat proposal. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Salam Mitra, Kang Wuri

> Baca juga artikel   Cara Membuat Proposal Usaha

Tinggalkan komentar