03 Agu

Management adalah suatu intrument perusahaan non fisik yang wajib dimiliki oleh perusahaan. Tanpa adanya management maka tujuan perusahaan yang termuat dalam Visi Misi tidak akan terwujud.

Ending goal yang disepakatipun akan sulit tercapai. Dalam bab ini akan kita bahas beberapa hal yang terkait dengan management perusahaan baik kelas kecil menengah atau besar. | photo by rawpixel.com

 

Pengertian Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu manage, atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan yaitu mengendalikan atau mengelola. Dalam bahasa bebas bisa kita artikan juga sebagai seni mengatur sesuatu supaya bisa berjalan dengan tujuan dan capaian.

Manajemen bisa dikatakan sebuah seni untuk melakukan kegiatan tertentu

Definisi lain dari Manajemen adalah suatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), dan mengelola (Controlling) sumber daya manusia dengan cara efektif dan efisien. Pengertian inilah yang sering dipakai oleh kebanyakan orang dalam segala bidang.

Pengertian Management menurut beberapa ahli antaralain sbb :

  1. Manajemen sebagai sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. prosess merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis (Wilson)
  2. Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilaksanakan dengan usaha orang yang lain (Lawrance A Appley)
  3. Manajemen sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain (Mary Parker F)
> Baca juga artikel   5 Cara Ampuh Motivasi Karyawan di Perusahaan Yang Sedang Anda Kelola

 

Fungsi Management

Seperti yang dikutip dalam buku “The Professional Management” oleh Louis A. Alen Fungsi utama manajemen adalah bisa dijelaskan dalam paparan dibaawah ini :

 

Memimpin (Leading)

Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi. fungsi ini meliputi: mengambil keputusan (decision maker),melakukan komunikasi (communicating),memberikan motivasi (motivating), memilih orang-orang (selecting people),mengembangkan orang lain (developing people) melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

 

Merencanakan (Planning)

Tugas dan kegiatan utama pencanaan meliputi : Forecasting atau meramalkan untuk waktu

yang akan datang,Membuat target dan sasaran (seat goal or targeting),Programming

(membuat acara) membuat rencana urutan kegiatan yang diperlukan untuk pencapaia

 

Menyusun (Organizing)

Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi: Design Organization Structure (Desain Struktur Organisasi), Menentukan job description ,Delegating Responsibility and Authority (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai,

Estabilishing Relationship (menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff

 

Mengawasi (Controlling)

Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi: Developing Performance Standard (perkembangan pekerjaan),Measuring Performance (pengukuran hasil pekerjaan),

Taking Corrective Action (melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan)

Setiap fungsi manajemen atau seorang manajer harus mempunyai keempat keahlian diatas dan harus mampu menerapkannya dalam suatu kegiatan organisasi yang terpakai.

Demikian beberapa hal yang terkait dengan arti, fungsi dan cakupan dari management. Karena ilmu itu bersifat tidak mutlak dan terus berkembang, tentu saja akan memberikan warna baru disetiap artinya. Sehingga management itu sifatnya flexible kondisional bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pemakai management.

> Baca juga artikel   Membuat Prosedur Seleksi Penerimaan Karyawan di Perusahaan

Semoga tulisan ini bisa membantu dalam belajar mengenai management perusahaan bagi anda para pebisnis dan para manager.

 

Kang wuri

  • 1
    Share

Tinggalkan komentar