03 Agu

Pengertian Manajemen Keuangan Perusahaan – Keuangan dalam suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting. Namun jauh lebih penting adalah bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan tersebut. Jika dalam pengelolaan keuangan perusahaan baik maka aktivitas perusahaanpun akan berjalan lancar, demikian sebaliknya jika keuangan tidak berjalan dengan bagus makan akan terjadi kesendatan dalam proses kegiatan perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan Perusahaan

Pengertian Manajemen Keuangan Perusahaan | photo by Helloquence

Maka dari itu pengetahuan keuangan sangat penting bagi pengusaha dalam menjalankan usahanya.

Dalam bab berikut kami sajikan beberapa definisi management keuangan untuk memudahkan arah pengertian kita. Berikut adalah definisi management menurut beberapa ahli :

 

Bambang Riyanto:

Management keuangan adalah keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaaya yang minimal dan syarat syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

 

Suad Husnan:

manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.

 

James Van Horne:

Management keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

 

Grestenberg:

Management keuangan adalah bagaimana bisnis yang diselenggarakan dapat memperoleh dana , bagaimana mereka mendapatkan dana , bagaimana penggunaan mereka serta bagaimana bisnis prof ts didistribusikan .

 

Liefman:

Management keuangan adalah usaha untuk dapat menyediakan uang serta menggunakan uang untuk mendapat atau juga memperoleh aktiva.

 

Dari beberapa definis diatas dapat saya simpulkan bahawa Manajemen Keuangan merupakan suatu proses kegiatan bidang keuangan yang memuat proses mendapatkan keuangan proses pencatatan dan meminimalkan resiko biaya perusahaan serta memaximalkan pengelolaan keuangan yang sehat.

Jika kita sudah mengetahui ternyata begitu pentingnya managemnt keuangan maka sudah menjadikewajiban bagi pengusaha untuk memperhatikan masalah keuangan perusahaan.

 

Salam,

Kang Wuri

> Baca juga artikel   5 Cara Mengatur Gudang di Perusahaan

Tinggalkan komentar