Pengertian Marketing Mix - Apa itu marketing mix ?
07 Agu
Pengertian Marketing Mix - Apa itu marketing mix ?

Pengertian Marketing Mix – Apa itu marketing mix ? | photo by Wei Pan

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah merupakan ungkapan umum strategi yang digunakan dalam pemasaran untuk menentukan dan menawarkan produk atau jasa yang sering dikaitkan / cara yang digunakan adalah unsur 4P yaitu Price, Product, Promotion dan Place.

 

 

1. Product (The Services)

Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya. Karena produk merupakan salah satu bukti yang bisa digunakan dalam transaksi maka diperlukan spesifikasi sesuai yang diputuskan.

 

2. Price/ harga

Harga adalah komponen yang sangat penting, maka Penetapan harga merupakan suatu hal mutlak untuk diadakan.. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

 

3. Place

Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran. Karena sangat penting maka silahkan mencari tempat yang sangat mendukung dalam kegiatan transaksi.

> Baca juga artikel   Pengertian dan Fungsi Marketing

 

4. Promotion / iklan

Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :

  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
  • Mengkomunikasikan produk baru
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
  • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
  • Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

5. People/ manusia

Diindustri jasa peran people sangat menentukan.People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Karena semangat kerja sangat menentukan maka pimpinan perusahaan bisa memberikan dorongan motivasi kekaryawan.

> Baca juga artikel   Pengertian Proposal Usaha

 

6. Process

Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

 

7. Physical Evidence

Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.

Karena ilmu marketing selalu berkembang maka 7 Bauran pemasaran ini sebaiknya diterapkan didalam industri kita. Jika sudah berjalan baru kita update lagi.

Salam, Kang Wuri

Tinggalkan komentar