08 Agu

Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oelah wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang releven, baik internal maupun eksternal mengenai usaha atau proyek baru, atau proposal usaha yang merupakan dokumen tertulis berisi usaha baru yang sedang direncanakan. Proposal usaha hendaknya harus asli/ murni yang dibuat oleh wirausahawan sendiri dan tidak sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. Proposal usaha mencakup sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa yang dicapai perusahaan sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha. Oleh sebab itu proposal usaha ini sangat penting bagi pengusaha.

Pengertian Proposal Usaha

Pengertian Proposal Usaha | photo by rawpixel.com

Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu “to propose” yang artinya mengajukan, secara bahasa proposal dapat di artikan sebagai “bentuk pengajuan atau permohonan”. penawaran itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, “dana” dan lain – lain. Proposal bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan / pemaparan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.

Dengan kata lain.Proposal dapat di rumuskan sebagai sebuah rencana berupa tulisan yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja kegiatan, yang terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data, yang dilakukan secara sistematis dan objektif

Pengertian proposal menurut para ahli

Pengertian proposal menurut para ahli memiliki pandangan yang berbeda, namun pada dasarnya memiliki arti dan tujuan yang sama. Berikut ini pengertian proposal menurut beberapa ahli:

  1. Pengertian proposal menurut Hasnun Anwar (2004 : 73) proposal adalah : rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.
  2. Pengertian proposal menurut Jay (2006 : 1) proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien.
  3. Pengertian Proposal Menurut KBBI (2002) adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.
  4. Pengertian Proposal Dari sudut pandang dunia ilmiah, pengertian proposal ialah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Dalam pengertian proposal ini itu berarti proposal sama halnya dengan usulan.Ada juga yang menyatakan bahwa pengertian proposal itu ialah suatu permintaan atau dapat juga dikatakan sebagai saran yang ditujukan kepada seseorang, instansi, organisasi, suatu badan, atau suatu kelompok untuk menjalankan atau melaksanakan suatu pekerjaan.

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Proposal Usaha adalah pengajuan tertulis yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, dimulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan, hingga rencana hitungan keuntungan yang mungkin bisa didapat dari usaha tersebut.

Maka jika proposal ini sudah dirasakan sangat penting, maka hendaknya bisa kita artikan proposal ini sebagai aset perusahaan. Hendaknya selain kita bisa membuat dan menjalankan proposal usaha ini baiknya juga bisa kita gunakan sebagai alat serfta rambu rambu jalannya perusahaan.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita dalam menjalankan usaha. Jangan lupa juga untuk kita bermitra usaha dengan siapapun dan dari kalangan manapun.

Salam Mitra, Kang wuri

> Baca juga artikel   Strategi Pemasaran Produk yang efektif

Tinggalkan komentar