Pengertian Strategi Pemasaran
07 Agu

Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun. Apalagi khusus perusahaan pemasaran, maka strategi adalah mutlak harus dikuasai untuk mengembangkan pasar.

.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran | photo by Harvey Enrile

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

 

2. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

 

3. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

 

Macam-Macam Strategi Pemasaran

Adapun macam strategi pemasaran diantaranya:

  1. Strategi kebutuhan primer

Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:

  1. . Menambah jumlah pemakai dan
  2. Meningkatkan jumlah pembeli.
  3. Strategi Kebutuhan Selektif dapat dilakukan dengan cara :
  4. Mempertahankan pelanggan misalnya: Memelihara kepuasan pelanggan, Menyederhanakan proses pembelian,Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
  5. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier) dapat dilakukan dengan cara :Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning), Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
  6. Jenis Jenis Strategi Pemasaran

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
  4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
> Baca juga artikel   Konsep Strategi Pemasaran

 

Arti Strategi Pemasaran Menurut Ahli :

Para Ahli – Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas masalah penentuan dua penentuan pokok yaitu. Pertama, bisnis apa yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki dimasa yang akan datang. Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas dasar perspektif produk, harga, promosi, dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran

Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5), marketing adalah “A societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and freely exchanging products and services of value with others”.

Sedangkan pengertian Marketing strategy menurut Armstrong dan Kotler (2000:37), yaitu “The marketing logic by which the business unit hopes to achieve its marketing objective”.

Menurut Guiltinan dan Paul (1992), definisi strategi pemasaran adalah pernyataan pokok tentang dampak yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.

Demikian artikel ini semoga bisa memberikan gambaran begitu pentingnya masalah strategi pemasaran ini. Bagi para pengusaha selamat berkreatifitas dengan strategi yang jitu. Jangan lupa untuk bermitra dengan siapapun. www.Mitrausaha.co.id sebagai media penyambung mitra siap menjembatani ide dan strategi bisnis anda.

Salam mitra, Kang wuri

> Baca juga artikel   Strategi Paling Ampuh Cara Pemasaran via Online

Tinggalkan komentar